No Comments

Warga Tolak Pendirian Tempat Ibadah, Duga Ada Unsur Penipuan

PICU GEJOLAK: Tokoh masyarakat Nur Anziz melaporkan pendirian rumah ibadah yang masih kontroversi di Desa Jepang, Mejobo, kepada Ansor Kudus belum lama ini.

KUDUS, ansorkudus.or.id – Pendirian tempat ibadah (masjid) di Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, diduga ada unsur penipuan. Hingga kini pendirian masjid itu masih memicu gejolak terhadap warga sekitar.


Tokoh masyarakat desa setempat Nur Anziz mengatakan, pengurus LDII yang mendirikan tempat ibadah itu meminta tanda tangan warga sekitar untuk dukungan pada pemilihan Bupati Kudus pada 2018. Usut punya usut tanda tangan itu digunakan sebagai dokumen dukungan pendirian masjid.


”Jadi dikelabuhi agar dapat tanda tangan dukungan warga. Ini terindikasi kuat penipuan,” ucap Aziz.


Dia menambahkan, pendirian tempat ibadah itu dinilai rancu. Karena awal mula bangunan itu rumah tinggal warga RT 5 RW 2, desa setempat, bernama Kusmono.


Namun, berjalannya waktu berubah jadi tempat ibadah. Selama ini sudah pernah menjalankan Salat Jumat di rumah tersebut dan lainnya.
”Padahal status bangunan itu tempat tinggal bukan tempat ibadah,” ujarnya.


Sementara itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) M Ihsan mengatakan, pihaknya tak ingin terlalu jauh mengomentari dugaan penipuan. Pihaknya hanya menginginkan pendirian sesuai Peraturan Bersama Menteri (PBM) Nomor 8 dan 9 Tahun 2006 tentang pendirian rumah ibadah.


“Pada pasal 13, harus ada tanda tangan 60 warga pendukung dan 90 warga pengguna. Sampai sekarang syarat ini memang belum terpenuhi,” jelas Ihsan.


Ia menambahkan, dalam pasal itu pendirian rumah ibadah itu juga didasarkan pada kebutuhan nyata (dari warga setempat). Tolok ukurnya, kata dia, dibahas dan disetujui pada musyawarah desa (musdes).


“Karena dalam musdes itu pasti turut membahas, warga setempat, LDII, BPD, kepala desa dan lainnya. Setelah syarat terpenuhi kami akan memberikan rekomendasi ke bupati,” kata dia.


Dia mengatakan, selama ini Kudus terbilang memiliki toleransi tinggi. FKUB beberapa kali memberi rekomendasi pendirian tempat ibadah. Bahkan pendirian gereja. (MS/AR)

Berita Terhangat
No results found.

Berita Lain

No results found.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

https://salto.poltekip.ac.id/css/

https://thinkcat.mywhc.ca/menyalaabangku/

https://thinkcat.mywhc.ca/sawercuan/

https://bandungkab.go.id/tests/

https://ebphtb.acehtimurkab.go.id/css/

https://h2h.web.uinjambi.ac.id/