1 Comment

Sambut Ramadan, Ansor Kaliwungu Ziarahi Makam Muassis

Ngalap Berkah Muassis Desa

KUDUS, ansorkudus.or.ID – Dalam rangka menyongsong bulan Ramadan sekaligus Harlah GP Ansor ke-88, puluhan anggota GP Ansor Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu, Kudus berziarah ke makam muassis desa se-Kecamatan Kaliwungu.

Mereka tercatat telah mengunjungi 16 makam dalam waktu dua hari, yaitu pada Sabtu dan Minggu (27/3) dengan mengendarai sepeda motor.

Mereka mengawali ziarah pada Sabtu malam, dengan mengunjungi makam Mbah Rogo Moyo dan Nyai Gede Siti Syarifah Aminah di Desa Kaliwungu. Kemudian mereka melanjutkan ke makam Mbah Sirokol, Mbah Buyut Murni, Mbah Adem Panas, dan petilasan Mbah Pendek.

Lalu mereka mengunjungi makam KH Ahmad Thoha, Mbah Wali, KH Harun Rosyid, Mbah Tughno Ali Mukhtar, Mbah Buyut Nasukha, Mbah Malang Joyo, dan Mbah Cinde.

 

PANAS GAES : Meski dibawah terik matahari anggota PR GP Ansor Kaliwungu tetap khusyuk membaca tahlil dan berdoa di makam KH. Harun Rosyid, Mijen, Kaliwungu (27/3). (Foto : PR GP ANSOR KALIWUNGU/ ansorkudus.or.ID)

Sebelum melanjutkan perjalanan, mereka menyempatkan diri mampir ke sebuah warung untuk makan dan beristirahat sejenak. Baru setelah itu, mereka kembali melanjutkan ziarah ke makam Mbah Pekalongan, Mbah Munawar Kholil, Sunan Kudus, KHR Asnawi, dan Habib Ja’far Al-Kaff.

M. Ali Zamroni ketua GP Ansor Ranting Kaliwungu, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Rijalul Ansor.
“Sesuai amanah raker, kami harus merealisasikan program ini. Selain itu, kami juga ingin ngalap berkah para muassis desa di bulan Sya’ban,” kata Zamroni.

Pihaknya menambahkan setiap bulan Sya’ban hampir pasti warga NU berbondong-bondong berziarah ke makam para wali dan ulama. “Ini sudah menjadi tradisi setiap kali menjelang Ramadhan,” imbuhnya.

Zamroni juga mengaku, sebenarnya masih banyak makam muassis di Kecamatan Kaliwungu yang belum bisa diziarahi. Menurutnya untuk mengunjungi semua makam membutuhkan waktu yang lebih lama. Karenanya pada kegiatan ini, mereka memutuskan untuk mengunjugi satu makam di setiap desa.

“Semoga kami mendapat kesempatan untuk menziarahi semua makam yang ada di Kecamatan Kaliwungu. Kami juga berharap setelah ini GP Ansor ranting Kaliwungu menjadi semakin solid, bermanfaat, dan semakin jaya,” pungkasnya.

Kontributor : Jundan M. Abda’u

Editor : Ahmad Syarif

Berita Terhangat

Berita Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

https://salto.poltekip.ac.id/css/

https://thinkcat.mywhc.ca/menyalaabangku/

https://thinkcat.mywhc.ca/sawercuan/

https://bandungkab.go.id/tests/

https://ebphtb.acehtimurkab.go.id/css/

https://h2h.web.uinjambi.ac.id/