No Comments

Ramah dan Hangat! Warga Sidoarjo Sediakan Rumah dan Makan Gratis, Banser : Momen Ini Tak Saya Lupakan

Dari Peringatan Satu Abad NU di Sidoarjo

SIDOARJO, ansorkudus.or.ID – Puncak peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Selasa (7/2), berlangsung sukses.

Jutaan warga Nahdliyin dari penjuru tanah air dan mancanegara memadati kawasan kota Sidoarjo. Acara yang dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo ini, menyuguhkan berbagai atraksi dan pertunjukan menarik.

Namun di balik megahnya acara puncak satu abad NU itu, ada yang tidak kalah penting. Yaitu sambutan yang sangat hangat dan luar biasa warga Sidoarjo.

Mulai dari pintu masuk Kota Sidoarjo hingga ke lokasi acara di kawasan Stadion Gelora Delta Sidoarjo, ratusan bahkan ribuan posko berdiri untuk menyambut warga Nahdiyin. Posko itu diperuntukkan untuk warga NU yang hadir dalam acara tersebut untuk beristirahat agar tidak kelelahan.

Seperti posko yang ada di Masjid Al Hikmah Perum. Pondok Jati, Kecamatan Sidoarjo ini. Di kawasan tersebut, masyarakat bersama takmir masjid setempat menyediakan makan dan minuman gratis.

SARAPAN : Ketua Ansor Jati beserta rombongan menikmati sarapan pagi yang disediakan ta’mir masjid Al Hikmah Pondok Jati (DOK. ABUL ANSOR KUDUS)

“Monggo naik tangga, istirahat dulu dimasjid agar tetap fit,” ujar takmir Masjid Al Hikmah mengarahkan para Nahdliyin yang kendaraannya transit di bahu tol Sidoarjo. Bahkan takmir tersebut juga mempersilakan untuk naik tangga melewati pagar tol, karena jika harus memutar akan sangat jauh jarak yang ditempuh.

Menanggapi hal ini, wakil ketua PAC Ansor Jati Ahmad Islahul Umam sangat kagum dengan totalitas pengurus Masjid. “Masjid Al Hikmah Pondok Jati luar biasa. Totalitas merawat para pengunjung. Padahal ratusan pengunjung tapi stok nasi sampai jam dua siang saya di sana masih ada terus. Ada mie rebus lebih banyak juga siangnya,” terang Islah.

Tak hanya sekedar menyediakan makanan, masyarakat juga memberikan fasilitas tempat mandi, tempat istirahat dan toilet secara gratis kepada warga nahdliyin yang ingin melepas lelah.

Seperti yang dilakukan Iptu Seken, Kanit. Binmas Polsek Kota Sidoarjo ini bahkan menyediakan satu rumah lengkap dengan fasilitasnya untuk digunakan Banser dari Kudus beristirahat.

“Kalau kepingin ke kamar mandi, silakan mau menginap di sini juga monggo ada kamar kosong. Ayo istirahat dulu, agar tidak kelelahan,” kata Iptu Seken.

BERPAMITAN : Sekretaris PAC Ansor Jati bersama anggota mohon pamit sekaligus berterimakasih atas semua fasilitas yang telah diberikan Iptu Seken. (DOK. BANSER JATI)

Melihat Sambutan hangat warga Sidoarjo, para jamaah yang datang dari berbagai kota di Indonesia ini bangga dan terharu. Bahkan mereka tidak menyangka sambutan warga Sidoarjo begitu hangat dan besar kepada jamaah yang hadir dalam puncak 1 Abad Harla NU ini.

Seperti yang diutarakan oleh Kasatkoryon Banser Jati, Susanto. Dia mengaku kagum dengan sambutan hangat warga Sidoarjo ini. “Alhamdulillah sangat luar biasa sambutan masyarakat, kita difasilitasi segalanya. Terimakasih sekali warga Sidoarjo,” ujar Susanto.

Dia mengaku, berangkat ke Sidoarjo bersama satu bus rombongan Ansor Banser PAC Jati untuk menghadiri puncak satu Abad Harlah NU ini mulai Jumat sore (3/2).

DOA BERSAMA : Rombongan PAC Ansor Jati berdoa bersama didepan gedung Muslimat NU Tanjungkarang sebelum keberangkatan menuju Sidoarjo untuk menghadiri resepsi puncak 1 Abad NU, Selasa sore (6/2) (DOK. ALFIYAN ANSOR JATI)

“Awalnya saya bersama anggota mencoba masuk ke stadion. Namun karena begitu banyak orang, disarankan aparat keamanan untuk kembali lagi pada sesi berikutnya. Akhirnya saya dan rombongan datang ke masjid Al Hikmah ini. Dan ternyata di sini disambut sangat baik warga sekitar. Bahkan disediakan satu rumah transit oleh Iptu Seken, momen ini tidak akan saya lupakan,” tambahnya.

Resepsi puncak satu Abad NU ini, dilaksanakan selama 24 jam non stop. Acara dimulai dengan istigasah bersama dan salawat bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf, resepsi kenegaraan yang dihadiri Presiden RI dilanjutkan kirab budaya sepanjang dua kilometer dan diakhiri konser musik yang diisi sejumlah musisi tanah air seperti Slank. (*)

Penulis : Gunawan TB
Editor : Abdul Rochim

Berita Terhangat
Tags: ansor, banser, satuabadNU, sidoarjo

Berita Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

https://salto.poltekip.ac.id/css/

https://thinkcat.mywhc.ca/menyalaabangku/

https://thinkcat.mywhc.ca/sawercuan/

https://bandungkab.go.id/tests/

https://ebphtb.acehtimurkab.go.id/css/

https://h2h.web.uinjambi.ac.id/