No Comments

Patroli Malam Ramadan Banser Medini

KUDUS, ansorkudus.or.ID – Ahad dini hari (26/3) waktu menunjukkan pukul 00.30 WIB ketika lima personil Banser Medini melaksanakan kegiatan patroli tengah malam bulan Ramadan di desa Medini.

“Kegiatan PAM (Pengamanan) Banser di bulan Ramadan ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan Ramadan,” kata Sahal Mahfudz, Kasatkorkel Banser Medini.

“Kegiatan tersebut kami laksanakan setiap malam genap, tanggal dua, empat, enam Ramadan dan seterusnya. Untuk Patroli di mulai jam setengah satu sampai jam dua dinihari kemudian dilanjutkan sahur bersama di basecamp (rumah ketua Tanfidziyah NU Medini),” imbuhnya.

Kegiatan ini menjadi salah satu program unggulan Ansor Medini selain resik-resik makam dan Jalan Sehat. Tujuannya adalah membantu pemerintah desa Medini dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban selama bulan Ramadan.

Adapun patroli dimulai pada jam 00.30-02.15 dini hari dengan menyusuri setiap jalan kampung mulai gang 1 sampai gang 17 desa Medini.

“Tujuan kegiatan ini diantaranya memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat desa Medini dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan,” kata ketua Ansor Medini M. Saidun Arwani

“Selain itu juga menertibkan kegiatan tongtek yang tidak pada waktunya. Peraturan dari desa Medini untuk kegiatan malam tongtek dimulai pada jam dua tiga puluh atau minimal ketika sudah ada tarhim di desa medini,” Imbuhnya.

Tongtek di malam bulan Ramadan sudah menjadi tradisi oleh anak-anak ataupun pemuda pada umumnya, tak terkecuali di desa Medini dan membantu membangunkan masyarakat untuk persiapan sahur.

Banser Medini dalam melaksanakan tugas patroli juga memberikan edukasi dan pengertian kapada anak-anak ataupun pemuda yang kedapatan melakukan
kegiatan tongtek sebelum waktunya.

MENYUSURI GANG : lima personil Banser Medini melaksanakan patroli dengan menyusuri jalan gang di desa Medini, Ahad dini hari (26/3). (DOK. ANSOR MEDINI)

“Saya mendukung sepenuhnya kegiatan ini, dan sangat berterimakasih kepada sahabat-sahabat Banser yang rela waktu tidurnya berkurang demi melaksanakan tugas PAM Ramadan ini, walaupun paginya masih harus bekerja,” kata Masykuri ketua Tanfidziyah NU Medini.

Penulis : Ansor Medini

Editor : Gunawan TB

Berita Terhangat

Berita Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

https://salto.poltekip.ac.id/css/

https://thinkcat.mywhc.ca/menyalaabangku/

https://thinkcat.mywhc.ca/sawercuan/

https://bandungkab.go.id/tests/

https://ebphtb.acehtimurkab.go.id/css/

https://h2h.web.uinjambi.ac.id/