No Comments

Belasan Personel Banser Kaliwungu Amankan Kirab Gunungan Di Desa Sidorekso

KUDUS, ansorkudus.or.ID – Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon ) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Kaliwungu mengerahkan belasan personel untuk mengamankan Kirab Gunungan Apitan di Desa Sidorekso Kecamatan Kaliwungu Kudus pada Sabtu pagi (18/05/2024).

Apitan atau Sedekah bumi merupakan tradisi yang dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas hasil bumi yang telah didapat.

Karena penyelenggaraan sedekah bumi ini dilaksanakan pada bulan Apit dalam penanggalan Jawa, maka tradisi ini juga sering disebut sebagai tradisi Apitan.

Kirab gunungan merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan Apitan di Desa Sidorekso. Masyarakat membuat sebuah gunungan dari hasil pertanian lalu di arak keliling desa.

Didik Dwi Wahyudi ,Kepala Satkoryon Banser Kecamatan Kaliwungu mengatakan bahwa turut membantu kelancaran pelaksanaan adat dan tradisi masyarakat merupakan salah satu tugas Banser dalam menjaga NKRI.

“Untuk mengamankan jalannya kegiatan ini, belasan personel kami terjunkan dibawah komando Ndan Tumyadi. Alhamdulillah teman-teman Banser mampu melaksanakan tugas dengan baik,” kata Didik.

Terpantau lebih dari 4 gunungan hasil bumi yang diarak warga, diiringi penampilan drumband, rebana, dan kreasi-kreasi unik. Mereka tampak berjalan dengan senang dan menikmati jalannya kegiatan ini.

Didik berharap semoga Banser senantiasa diberi kesehatan sehingga dapat terus berkhidmah untuk Nahdhatul Ulama.

 

 

Penulis : Ahmad Syarif

Editor : Abdul Rochim, Gunawan TB Setiyadi

Berita Terhangat
Tags: banser, kaliwungu, sidorekso

Berita Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

https://salto.poltekip.ac.id/css/

https://thinkcat.mywhc.ca/menyalaabangku/

https://thinkcat.mywhc.ca/sawercuan/

https://bandungkab.go.id/tests/

https://ebphtb.acehtimurkab.go.id/css/

https://h2h.web.uinjambi.ac.id/